MATA KULIAH : PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN
FAKTOR - FAKTOR PENDIDIKAN
A.
PENDAHULUAN
Pendidikan
adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat, bangsa dan negara.
Pendidikan
sangatlah penting yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan
manusia seutuhnya. Namun banyak factor-faktor yang mempengaruhi pendidikan
diantaranya adalah faktor tujuan, faktor pendidik, faktor anak didik, isi atau
materi pendidikan, faktor alat pendidikan, dan dan faktor lingkungan.
B.
FAKTOR-FAKTOR
PENDIDIKAN
1.
Faktor tujuan, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan
mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa
terhadap Tuhan YME dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan
keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri
serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Faktor tujuan bagi pendidikan sebagai berikut:
a.
Sebagai Arah Pendidikan, tujuan akan
menunjukkan arah dari suatu usaha, sedangkan arah menunjukkan jalan yang harus
ditempuh dari situasi sekarang kepada situasi berikutnya.
b.
Tujuan sebagai titik akhir, suatu usaha pasti
memiliki awal dan akhir. Mungkin saja ada usaha yang terhenti karena sesuatu
kegagalan mencapai tujuan, namun usaha itu belum bisa dikatakan berakhir. Pada
umumnya, suatu usaha dikatakan berakhir jika tujuan akhirnya telah tercapai.
c.
Tujuan sebagai titik pangkal mencapai tujuan lain,
apabila tujuan merupakan titik akhir dari usaha, maka dasar ini merupakan titik
tolaknya, dalam arti bahwa dasar tersebut merupakan fundamen yang menjadi alas
permulaan setiap usaha.
d.
Memberi nilai pada usaha yang dilakukan.
2.
Faktor Pendidik
Faktor pendidik adalah orang yang memikul
pertanggungjawaban untuk mendidik, meliputi : orang dewasa, orang tua, guru,
pemimpin masyarakat dan pemimpin agama.
Faktor pendidik dibedakan menjadi 2 kategori, yaitu
1)
Pendidik menurut kodrati yaitu orang tua.
Orang tua wajib pertama sekali memberikan didikan kepada anaknya,
selain asuhan, kasih sayang, perhatian dan sebagainya.
2)
Pendidik menurut jabatan yaitu guru.
Guru adalah sebagai pendidik yang menerima tanggung
jawab dari tiga pihak yaitu orang tua, masyarakat dan Negara. Tanggung jawab
dari orang tua diterima guru atas kepercayaan yang mampu memberikan pendidikan
dan pengajaran dan diharapkan pula dari pribadi guru dapat memancarkan
sikap-sikap yang normatif baik, sebagai kelanjutan dari sikap dan sifat orang
tua pada umumnya.
Karakteristik yang harus dimiliki pendidik dalam melaksanakan tugasnya
dalam mendidik, yaitu
1)
Kematangan diri yang stabil, memahami diri sendiri, mandiri, dan
memiliki nilai-nilai kemanusiaan.
2)
Kematangan sosial yang stabil, memiliki pengetahuan yang cukup tentang
masyarakat, dan mempunyai kecakapan membina kerjasama dengan orang lain.
3)
Kematangan profesional (kemampuan mendidik), yaitu menaruh
perhatian dan sikap cinta terhadap anak didik serta mempunyai pengetahuan yang
cukup tentang latar belakang anak didik dan perkembangannya, memiliki kecakapan
dalam menggunkan cara-cara mendidik.
3. Faktor Anak Didik.
Anak didik adalah setiap orang yang menerima pengaruh dari seseorang atau
sekelompok orang yang menjalankan kegiatan pendidikan. Sedang dalam arti sempit
anak didik ialah anak (pribadi yang belum dewasa) yang diserahkan kepada
tanggung jawab pendidik. Salah satu pertanda bahwa seseorang telah belajar
adalah adanya perubahan tingkah laku dalam dirinya.
Karakteristiknya adalah: belum memiliki pribadi dewasa yg baik, masih
menyempurnakan aspek tertentu dari kedewasaannya, memiliki sifat-sifat dasar
yang sedang ia kembangkan secara terpadu.
4. Isi atau materi pendidikan yang termasuk dalam arti /
materi pendidikan ialah segala sesuatu oleh penddidk yang akan langsung
disampaikan kepada peserta didik.
5. Faktor alat pendidikan adalah suatu tindakan atau situasi yang sengaja
diadakan untuk tercapainya pendidikan tertentu.
Ditinjau dari wujudnya, alat pendidikan dapat berupa:
a.
Perbuatan Mendidik
(biasa disebut software); mencakup nasihat, teladan, larangan,
perintah, pujian, teguran, ancaman, dan hukuman.
b.
Benda-benda sebagai
alat Bantu (biasa disebut hardware); mencakup meja kursi, belajar,
papan tulis, penghapus, kapur tulis, OHP, dan sebagainya.
6. Faktor Lingkungan, menurut Sartain (ahli Psikologi Amerika), lingkungan
(environment) meliputi kondisi dan alam dunia yang dengan cara-cara tertentu
mempengaruhi tingkah laku kita, pertumbuhan, perkembangan atau life processes.
Pada dasarnya mencakup tempat, kebudayaan dan kelompok hidup bersama.
C.
KESIMPULAN
Jadi, factor-faktor pendidikan ada enam
yaitu faktor tujuan, faktor pendidik, faktor anak didik, isi atau materi pendidikan, faktor alat
pendidikan, dan dan faktor lingkungan.
D.
DAFTAR
PUSTAKA
http://mdsutriani.wordpress.com/2012/06/22/faktor-faktor-pendidikan-dalam-ilmu-pendidikan/ diakses pada Kamis, 19 September 2013 11:38
http://mudiaschoon.blogspot.com/2011/09/pengertian-dan-faktor-faktor-pendidikan.html diakses pada Kamis, 19 September 2013 11:45
http://ululazmi-zabaz.blogspot.com/2010/05/pengertian-unsur-dan-faktor-faktor.html diakss pada Kamis, 19 September 2013 11:42
Tidak ada komentar:
Posting Komentar